Panglima TNI Dilarang Masuk Amerika Serikat! Kemlu RI Minta Penjelasan AS? - Portal Sumut

Minggu, 22 Oktober 2017

Panglima TNI Dilarang Masuk Amerika Serikat! Kemlu RI Minta Penjelasan AS?



Panglima TNI Gatot Nurmantyo kecewa karena ada larangan dirinya tidak diperbolehkan masuk Amerika Serikat Kekecewaan itu diutarakan oleh Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal Wuryanto.

"Ya kecewa, ya biasa," kata Wuryanto di Kantor Panglima TNI di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Minggu (22/10/2017).‎
Sedianya, Gatot ke Amerika Serikat untuk menghadiri undangan acara Chiefs of ‎Defense Conference on Countering Violent Extremist Organization (VEOs) yang dilaksanakan pada 23-24 Oktober di Washington DC, Amerika Serikat.‎
Undangan tersebut resmi dari Panglima Angkatan Bersenjata Amerika Serikat Jenderal Joseph F Durford, Jr. Gatot dan Joseph juga sudah menjalin persahabatan sejak lama. Secara usia, Joseph adalah senior dari Gatot.
Sebelum berangkat, rombongan ini sudah melalui pemeriksaan admintrasi keberangkatan, termasuk visa. Dalam pemeriksaan itu nama Gatot dan Istri tidak mengalami masalah. Pemberitahuan tentang larangan ini baru ‎muncul ketika Gatot dan rombongannya sudah berada di Bandara Soekanro-Hata untuk pergi ke Amerika, Sabtu (21/10/2017).
Larangan itu disampaikan oleh maskapai penerbangan Emirates sesaat sebelum Gatot dan rombongan terbang ke Amerika Serikat. Saat itu, Emirates menyebutkan bahwa Panglima TNI beserta Istri tidak boleh memasuki wilayah AS oleh US Custom and Border Protection.
Atas hal itu, Gatot kemudian melapor kepada Presiden melalui Ajudan, Menteri Luar Negeri dan Menkopolhukam tentang masalah tersebut serta berkirim surat kepada Pangab AS Jenderal Joseph. F. Durfort Jr.
"Selain itu, Panglima TNI juga sudah berkirim surat kepada Panglima AS. Kita masih tunggu penjelasan," katanya.
Meski larangan itu hanya disampaikan secara lisan, Wuryanto mengatakan Panglima TNI Jenderal Gatot mempercayainya. Sebab, Gatot tidak diperbolehkan boarding ke dalam pesawat.
"Percaya lah, ya kan percaya, nggak mungkin nggak percaya, nggak bisa boarding, dari boarding kan nggak bisa konfirmasi," katanya.
Acara itu merupakan pertemuan angkatan bersenjata se-Asia-Pasifik. Total ada 78 Panglima Angkatan Bersenjata yang hadir dalam acara itu. Dari semuanya, tidak ‎ada yang dilarang kecuali Panglima TNI ini.
"Bapak Panglima TNI sudah beberapa kali ke AS. Ferbruari 2016 juga sudah pernah ke sana dan tidak ada masalah," kata Wuryanto.
Atas insiden tersebut, pemerintah Indonesia langsung meminta penjelasan otoritas Amerika Serikat perihal larangan bagi Panglima Gatot Nurmantyo memasuki Amerika Serikat.

Menteri Luar Negeri Retno LP Masudi menjelaskan, KBRI DI Washington D.C telah mengirim nota diplomatik kepada Kementrian Luar Negeri AS untuk meminta klarifikasi

“Permintaan tersebut diperkuat dengan not diplomatic Kemlu RI kedubes AS” Kata Retno dalam pesan singkat, (Minggu 22/10/2017).

Menlu Retno juga sudah melalkukan pembicaraan melalui telepon dengan Dubes AS untuk Indonesia. Kebetulan Dubes AS tidak berada di Jakarta.

“Dubes AS juga harus sedang menunggu info dari Capital” kata Retno

Rencananya,  Retno juga akan memanggil Wakil Dubes AS pada Senin (23/10/17).


5 komentar:

  1. Numpang Promo ya Bos
    Welcome
    POKERVITA

    DAFTAR POKER
    POKER TERPERCAYA
    POKER TERBAIK
    POKER TERNYAMAN
    POKER TERBAIK
    TRAILER FILM
    Contact Us Person :
    LIVECHAT P`0`K`E`R`V`1`T`A .com
    BBM : D88B0154
    Salam Sejahtera untuk kita semua ^^

    BalasHapus
  2. Promo GIVEAWAY 1.
    Dapatkan FREECHIP sebesar Rp. 55.000 Hanya 100 Orang Pertama!
    Segera Daftar dan Hubungi kami Di :
    855sm. com / bolavita. org / Bolavita. Net
    Bonus Cahsback 10% dan Bonus Harian 5% Cuma ada di Bola vita
    Pelayanan Terbaik, Costumer Servis Yang Ramah Dan Profesional
    Menang Berapapun Langsung Bayar!
    wechat : bolavita
    whats up : 6281377055002
    BBM: D8C363CA (NEW)

    BalasHapus
  3. Selamat Datang Para Pecinta Kartu Remi dan Domino
    ayo Kumpulkan uang dengan bermain di FIFAPOKER,
    Gabung bersama kami FIFAPOKER
    dapatkan BONUS setiap hari dan rasakan sensasi kemenangannya
    BBM : 7B3130BF

    BalasHapus
  4. Dalam rangka memeriahkan hari Raya Imlek 2018 ID303 memberikan Hadiah Angpao hingga 125.000 sebagai tambahan bonus untuk seluruh member setia ID303 yang berlaku untuk semua permainan kecuali Bola Tangkas dan Togel Online.

    Tunggu Apalagi Boss
    Ayo Segera bergabung Dengan Kami !!!
    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    BBM : 7B3130BF
    whatsapp : +6281326993756
    wechat : ID303
    line : cs.ID303

    BalasHapus
  5. Bonus Free Angpao dari ID303 untuk member FIFAPOKER
    Dapatkan Hadiah Angpao khusus 100 userid untuk deposit pertama setiap hari dengan syarat Withdraw yang sangat mudah, hanya dengan melakukan Turn Over 1x saja.

    BalasHapus