• Jumat, 01 Juli 2016

    Alasan Pastor Rantinus Calonkan Diri Di Pilkada Tapteng



    Menurut penelitian Lembaga Indonesia Corupption Watch (ICW), bahwa Sumatera Utara dan NTT menjadi daerah yang memiliki kasus korupsi paling banyak di Indonesia, pada tahun 2015, semester 1. Menurut data yang kami peroleh, bahwa Sumatera Utara menjadi provinsi yang mengalami kerugian terbanyak hingga mencapai Rp120,6 miliar dengan nilai suap sebesar Rp500 juta. 

    Sebuah pukulan telak dirasa dan memang layak ditempeli label sebagai provinsi terkorup. Bayangkan, sejak 2012 hingga 2015 kemarin, Sumut selalu menempati posisi teratas daftar daerah terkorup berdasar kajian sejumlah lembaga pemerhati penyelewengan uang rakyat. Terlebih, tercatat ada banyak kepala daerah di Povinsi Sumatera Utara yang telah dibui masuk penjara. Sejumlah kepala daerah di Sumatera Utara yang terjerat kasus korupsi semasa kepemimpinannya antara lain:
    1. Gatot Pujo Nugroho (Mantan Gubernur Sumut)
    2. Abdillah (Mantan Wali Kota Medan)
    3. Ramli Lubis (Mantan Wali Kota Medan)
    4. Hidayat Batubara (Mantan Bupati Mandailing Natal)
    5. Rahudman Harahap (Mantan Wali Kota Medan)
    6. Syamsul Arifin (Mantan Gubernur Sumut/Bupati Langkat)
    7. RE Siahaan (Mantan Wali Kota P.Siantar)
    8. Raja Bonaran Situmeang (Mantan Bupati Tapanuli Tengah)
    9. Basyrah Lubis (Mantan Bupati Palas)
    10. Pandapotan Kasmin Simanjuntak (Mantan Bupati Toba Samosir)
    11. Monang Sitorus (Mantan Bupati Tobasa)
    12. Zulkarnain Damanik (Mantan Bupati Simalungun)
    13. Hukuasa Ndruru (Mantan Wakil Bupati Nias Selatan)

    Sebelum Bonaran Situmeang (mantan Bupati Tapteng) ditetapkan bersalah dan divonis 4 tahun karena menyuap mantan Ketua MK, Akil Mochtar, Bonaran pernah didemo Pastor Rantinus, mantan ketua tim suksesnya sendiri (tim pemenang Bonaran-Syukran) dan masyarakat yang berasal dari 20 kecamatan di Tapanuli Tengah, karena telah menghianati janji politiknya akan membela dan memajukan Tapanuli Tengah. Pastor Rantinus semakin kecewa disaat kunjungan Pastor Rantinus Manalu dan Ustad Shodikin Lubis cs tidak diterima oleh Bonaran Situmeang. Bahkan Pastor Rantinus dan Ustad Sodikin, Denis Malango pernah menjadi tersangka terkait pencemaran nama baik Bonaran Situmeang, Bupati Tapteng.



    Pastor Rantinus yang dikenal sebagai imam yang berani, menjadi suara bagi mereka yang tertindas karena tidak berdaya berhadapan dengan praktek ketidakadilan sedang digadang-gadang masyarakat untuk maju dalam pemilihan bupati di Kabupaten Tapanuli Tengah. Setelah deklarasi akan mencalonkan diri maju menjadi bakal calon bupati didampingi Ustad Sodikin sebagai wakil di Kabupaten Tapanuli Tengah, banyak prokontra di masyarakat Tapteng. Banyak yang mendukung dan tidak sedikit juga yang menolak.

    Menurut pantauan portalsumut di katoliknews, ia mengatakan ada kehendak kuat dari warga agar ia bisa maju, bersama teman seperjuangannya Ustad Sodikin Lubis. Ada dorongan kuat warga agar Romo Rantinus terjun untuk memimpin Tapanuli Tengah. Warga Tapanuli Tengah punya pengalaman pahit dengan bupati sebelumnya, Bonaran Situmeang yang dijebloskan ke dalam penjara tahun lalu, karena kasus suap. Masyarakat muak dengan para pemimpin di Tapteng, selama ini, mereka lebih mementingkan uang. Ia juga menjelaskan, kini masyarakat tengah sibuk mengumpulkan banyak KTP untuk mengusung mereka.

    Keterlibatan petugas Gereja seperti Romo Rantinus dalam politik praktis memang tidak ada larangan yang pasti, terlebih memang diatur dalam Kitab Hukum Kanonik 287 pasal 2. Disitu dijelaskan bahwa, “janganlah mereka (klerus) turut ambil bagian aktif dalam partai-partai politik dan dalam kepemimpinan serikat-serikat buruh, kecuali jika menurut penilaian otoritas gerejawi yang berwenang hal itu perlu untuk melindungi hak-hak gereja dan memajukan kesejahteraan umum”. Kalimat terakhir inilah yang mungkin saja alasan Romo Rantinus berani mengambil keputusan tersebut dengan tambahan alasan-alasan sebelumnya yang telah dijabarkan diatas. Menurut Romo Rantinus, jalan itu memang tidak mudah, keputusan tidak hanya ada di tangannya.

    1 komentar:

    1. Promo www.Fanspoker.com :
      - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
      - Bonus Cashback 0.5% Setiap Senin
      - Bonus Referal 20% Seumur Hidup
      || bbm : 55F97BD0 || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

      BalasHapus