• Minggu, 10 April 2016

    5 Tempat Wisata Yang Sering Disebut Di Kota Sibolga, Faktanya Di Tapanuli Tengah

    Kabupaten Tapanuli Tengah terletak di pesisir Pantai Barat Pulau Sumatera dengan panjang garis pantai 200 km dan wilayahnya sebagian besar berada di daratan Pulau Sumatera dan sebagian lainnya di pulau-pulau kecil dengan luas wilayah berbeda jauh dengan Sibolga yaitu 2.188 Km².

    Kota Sibolga adalah salah satu kota di provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Kota ini terletak di pantai barat pulau Sumatera, membujur sepanjang pantai dari utara ke selatan dan berada pada kawasan teluk yang bernama Teluk Tapian Nauli, sekitar ± 350 km dari kota Medan. Kota ini hanya memiliki luas ±10,77 km² dan berpenduduk sekitar 84.481 jiwa. Tahukah kamu, Sibolga hanya mempunyai 2 Pantai, yakni Pantai Ujung Sibolga dan Pantai yang berada di sekitar  Hotel Wisata Indah. Tahukah kamu beberapa tempat wisata ini sering disebut berada di Kota Sibolga, Faktanya berada di Tapanuli Tengah.

    Berikut beberapa tempat wisata yang sering disebut berada di Kota Sibolga, yang faktanya berada di Kabupaten Tapanuli Tengah;
    1. Pantai Pandan

        Pantai Pandan adalah salah satu pantai yang paling popular di Tapanuli Tengah. Tapi, Pantai Pandan ini lebih dikenal masyarakat luar sebagai salah satu pantai yang berada di Kota Sibolga. Sibolga sendiri adalah nama sebuah kota kecil yang terletak di pesisir Pulau Sumatera bagian barat. 
    Kata " Pandan" sendiri dicatut dari nama tempat Ibu Kota Tapanuli Tengah. Jadi, Bagaimana mungkin Pantai Pandan berada di Kota Sibolga?
    Ketika berada di pantai ini, sejauh mata memandang yang akan terlihat hanyalah perairan yang membentang di laut lepas. Di Pantai Pandan ini air lautnya berwarna hijau kebiru-biruan dan cukup jernih. Airnya tenang, bahkan tanpa ombak. Jadi, Anda bisa dengan bebas berenang sejauh beberapa meter dari mulut pantai dengan aman. Pasir di Pantai Pandan berwarna putih dan sangat lembut. Di sekitar pantai juga sangat bersih, sehingga sekalipin Anda berkeliling pantai Anda tidak akan menemukan sampah-sampah yang berserakan.


    2. Air Terjun dan Pulau Mursala

    Pulau Mursala adalah salah satu pulau yang berada di wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah. Pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Tapian Nauli, Tapanuli Tengah dan terletak di sebelah Barat Daya Kota Sibolga dan berjarak 22,5 km dari Pandan, Tapanuli Tengah. Pulau Mursala mempunyai luas ± 8.000 Ha dan dapat ditempuh melalui Pandan atau Sibolga menggunakan kapal cepat dalam waktu sekitar 1 jam atau menggunakan kapal biasa selama 3 jam.
    Pulau Mursala sangat popular di masyarakat Sumatera Utara, bahkan Indonesia. Hal tersebut karena keunikannya, yaitu air terjun yang berada di tengah laut. Bahkan Air terjun Pulau Mursala adalah salah satu tempat syuting film King Kong tahun 2005 oleh Peter Jackson.
    Salahnya, Pulau Mursala lebih dikenal masyarakat sebagai wisata yang berada di Kota Sibolga.

    3. Pantai Binasi

        Pantai Binasi terletak di Kabupaten Tapanuli Tengah, tepatnya di kecamatan Sorkam Barat Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Kurang lebih memakan waktu 1 setengah jam dari Kota sibolga. Pantai ini belum banyak dipoles dan masih sangat natural. Pantai ini sangat lah panjang dan tidak jauh kalah keindahannya dengan pantai tapanuli tengah lainnya seperti Pantai pandan yang populer.
    Sama dengan kasus di atas, Pantai Binasi lebih dikenal masyarakat luar, khususnya Masyarakat Medan sebagai salah satu pantai yang berada di Kota Sibolga.

    4. Sungai Sarudik

        Sungai Sarudik adalah sebuah tempat wisata permandian yang berada di Kecamatan Sarudik, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Indonesia. Ibukota kecamatan ini berada di kelurahan Sarudik.
    Sungai Sarudik menjadi salah satu tempat favorit masyarakat Kota Sibolga dan Tapanuli Tengah, khususnya siswa jenjang SMA dan SMP di Kota Sibolga dan Tapteng.
    Berdasarkan siswa yang tidak ingin dituliskan namanya, menuturkan bahwa Sungai Sarudik sering dijadikan siswa/i sebagai tempat berdua dengan pasangan/pacar dan tempat penghilang penat dari aktifitas belajar.
    Sungai Sarudik juga menjadi salah satu tempat wisata yang lebih dikenal masyarakat luar berada di Kota Sibolga.

    5. Bandara Pinangsori (Dr. Ferdinand Lumbantobing)

          Bandar Udara, sedikit bergeser dari inti topik kita dan bukan sebagai tempat wisata, melainkan merupakan sebuah fasilitas tempat pesawat terbang untuk lepas landas dan mendarat.
    Bandar Udara Dr. Ferdinand Lumban Tobing adalah bandar udara yang terletak di Kecamatan Pinangsori, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Bandar udara ini memiliki ukuran landasan pacu 2.250 × 30 m. Bandara ini dinamai sesuai nama Ferdinand Lumbantobing, pahlawan nasional Indonesia asal Sumatera Utara.
    Bandara yang berjarak sangat jauh dari Kota Sibolga, kurang lebih 40 km dari Kota Sibolga sering disebut masyarakat luar sebagai bandara yang berada di Kota Sibolga. Bahkan, jika kita searching "Bandara Pinangsori" di  Google, pencarian masuk ke Bandara Pinangsori Sibolga, bukan Bandara Pinangsori Tapanuli Tengah.

    Banyak lagi tempat wisata di Tapanuli Tengah yang sering disebut berada di Kota Sibolga yang tidak bisa saya tuliskan karena berhubung jari ini sudah capek mengetik dan mata sudah lelah, mau tidur.
    Next time, artikel terbaru tentang Kota Sibolga akan saya posting. Horas.

    11 komentar:

    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

        Hapus
    2. Postingan memiliki referensi yg mendasar. Tolong di check ulang komentarnya mas bro. :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. ya krn medan adalah ibu kota sumatera utara. kota metropolitan

        Hapus
    3. Hahaha author nya asli Tapteng atau Sibolga? Kok postingannya buat ngakak ya? Hanya beberapa yang benar, tapi beberapa laginya aduh -_-

      BalasHapus
    4. Apa beda bandara KNO di Medan yg terletak di deli serdang tapi tetap katanya milik Medan?

      BalasHapus
      Balasan
      1. krn kota medan adalah ibu kota sumatera utara

        Hapus
    5. memang itu benar, tapi sebagian orang saja yg menyebut seperti itu. orang sibolga khususnya saya, merasa pantai di sibolga itu kurang. lebih indah lagi yg di tapteng. mungkin orang beranggapan itu punya kota sibolga karena sibolga adalah kota kecil yang indah. hahaha

      BalasHapus
    6. Mari Boss Segera Bergabung Bersama Kami Di POKERAYAM
      Karena Dengan Bergabung Di POKERAYAM Maka Boss Lebih Mudah Menangnya

      POKERAYAM Merupakan Situs Impian Bagi Semua Para Pecinta Dan Pemain Poker
      Hanya Menggunakan 1 User ID Dapat Memainkan 6 Game Boss ^^
      POKER | DOMINO | CEME | CAPSA | LIVE POKER | CEME KELILING |

      Keunggulan Bermain Di POKERAYAM :
      - Proses Depo & WD Tercepat
      - Minimal Depo & WD hanya Rp 10.000,-
      Pelayanan CS Yang Baik, Ramah & INSPIRATIF Siap Membantu 24 Jam

      Bonus Promo Menarik Dari POKERAYAM, Yaitu :
      * Bonus New Member Freechip 10% Tanpa Syarat Macam-Macam
      * Bonus Cashback Mingguan Turn Over 0.5% Setiap Minggu
      * Bonus Deposit Freebet 10% Lucky Monday
      * Bonus Deposit Freebet 5% Setiap Hari Turn Over 1x
      * PROMO KEMERDEKAAN FREEBET INDONESIA Ke-72

      SUPPORT IOS & ANDROID
      24 JAM CUSTOMER SERVICE ONLINE
      PIN BB : D8E5205A
      Livechat : www. pokerayam .com

      BalasHapus